Jenis-Jenis Galaksi Di Alam Semesta

06.13 0 Comments



Jenis-jenis GalaksiTata surya yang terdiri atas matahari, planet-planet, satelit-satelit, komet, dan meteor hanyalah satu dari jutaan bintang yang tergabung dalam kelompok galaksi. Galaksi adalah suatu sistem bintang yang bermilyar milyar jumlahnya dan menempati suatu volume ruang yang sangat luas. Galaksi tempat matahari kita sebagai salah satu anggotanya, dinamakan Bima Sakti (Milky Way). Diameter galaksi Bima Sakti adalah 80.000 - 00.000 tahun cahaya yang tebal ditengahnya sekitar 15.000 tahun cahaya. Di dalam jagat raya terdapat ribuan galaksi yang tersebar. 
Jenis-jenis galaksi
Jenis-jenis galaksi

Tata surya kita dengan matahari sebagai pusatnya, berada pada jarak 3.000 - 35.000 tahun cahaya dari Bima Sakti. Contoh lain galaksi adalah galaksi Magelhaen, yaitu salah satu galaksi yang dekat dengan galaksi Bima Sakti. Sebagian galaksi Bima Sakti kelihatan dari Bumi, sedangkan bentuk keseluruhan seperti cakram. Klasifikasi Galaksi Berdasarkan Bentuknya 

  • Galaksi Elips: Jenis galaksi ini biasanya diberi nama dimulai dengan E, diikuti oleh bilangan yang menunjukkan seberapa pipihnya galaksi. Kurang lebih 17% dari galaksi yang ada merupakan galaksi elips. 

  • Galaksi Spiral: Galaksi ini terdiri dari bermacam-macam jenis dan diberi nama mulai dengan huruf S, diikuti huruf lain yang menyatakan subkelasnya. Kurang lebih 80% dari galaksi yang sudah ditemukan, contohnya adalah galaksi Bima Sakti dan Andromeda. 

  • Galaksi Tak Teratur: Galaksi ini mempunyai bentuk tidak teratur. Galaksi yang tidak tergolong eiips maupun spiral digolongkan tidak teratur, jumlah galaksi ini sekitar 3%. 

Gugus Galaksi dan Kelompok Galaksi 

Gaya gravitasi dapat menyatukan beberapa galaksi membentuk gugus galaksi. Gugus galaksi beranggotakan ribuan galaksi yang menempati daerah selebar jutaan tahun cahaya. Macam-macam gugus galaksi, antara lain sebagai berikut.

  • Galaksi Bima Sakti 
  • Galaksi Andromeda: Galaksi Andromeda lebih redup dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti. Cakram galaksi Andromeda ini bergaris tengah sexitar 100.000 tahun cahaya dan tebal bagian tengahnya sekitar 15.000 tahun cahaya.
  • Galaksi Roda Blru: Galaksi roda biru berbentuk spiral kecil dan jaraknya sekitar 2 juta tahun cahaya dari bumi. Seorang astronom dengan jelas dapat mengamati bintang-bintang yang masuk gugusan galaksi ini, karena letaknya relatif dekat dengan bumi. 
  • Galaksi Dolar Perak: Galaksi Dolar Perak berbentuk spiral pipih dan jaraknya sekitar 13 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini dalam peredarannya bergerak mendekati galaksi Bima Sakti. 
  • Galaksi Pusaran Air: Galaksi Pusaran Air berbentuk spiral yang terlentang, di mana di samping terdapat sebuah galaksi lagi yang tidak teratur. Galaksi ini dalam peredarannya bergerak menjauhi Galaksi Bima Sakti. 
  • Kabut Maggellan: Gugusan bintang yang terdapat dalam Kabut Maggellan ini memanearkan cahaya yang sangat terang. Kabut Maggellan ini terdiri dari Kabut Maggellan Besar dan Kabut Maggellan kecil. Maggellan diperkirakan akan jatuh ke dalam Galaksi Bima Sakti. 
  • Galaksi Radio dan Quasar: Para ahli astronom dapat mendeteksi adanya sumber gelombang radio yang jauh dari bumi lebih banyak dibandingkan dengan sumber radio yang dekat. Sumber-sumber radio ini yang disebut Galaksi Radio. Galaksi ini mirip bintang yang diberi nama Quasar Steller Radio Source. Quasar memancarkan gelombang radio yang sangat kuat, cahaya dari Quasar akan sampai ke bumi, walaupun tempatnya sangat jauh.
Sekian materi ilmu astronomi tentang "Mengetahui Jenis-jenis Galaksi di luar angkasa", semo

Dirty.3178

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: